Senin, 17 Juni 2013

Belanja Online? Siapa takut

Saat ini, tidak bisa dibatah perkembangan teknologi sangat pesat. Dari gadget, internet tidak bisa terlewatkan oleh manusia pada masa kini. Coba kita putar ulang pada era 2005 (saat itu saya masih umur 10th dan baru punya handphone dengan merk motorola yang bentuknya seperti ulekulek) Pada tahun 2005, handphone masih lumayan mahal dan jarang yan punya. Hanya kalangan menengah ke atas saja yang mempunyai benda mungil ini dan internetpun masih jarang sekali ada. Namun sekarang, dari berbagai kalangan. Mulai dari kalangan bawah, menengah dan atas semua pasti mempunyai handphone. Dan maraknya smartphone semakin memudahkan untuk mengakses internet untuk berbagai keperluan. Salah satunya untuk belanja online.

Belanja online mempermudah pembeli dengan menghemat waktu tanpa harus ke toko atau berjalan ke mall hanya khusus untuk membeli beberapa barang. Kebayang dong betapa capeknya. Nah dengan belanja online kita juga bisa menghemat tenaga karena barang diantar sampai rumah dan selamat. Itu adalah alasan mengapa beberapa orang lebih menyukai belanja online.

Saya pernah beberapa kali beli di online shop. Dari facebook, twitter, tokobagus dll. Namun dari semua itu saya paling comfortable membeli melalui tokopedia (saya tidak menyebut OS yang saya beli hehe pasti tau alasannya yah ada beberapa OS yang jadi langganan saya) 

Kenapa tokopedia?
Di tokopedia itu sangat aman dan nyaman
Pertama kali saya belanja online di tokopedia adalah beli beberapa kosmetik yang jumlahnya mencapai Rp. 740.000,00. Untuk para reader, mungkin anda akan takut jika OS tersebut abal abal (penipu) dan akhirnya uang sebesar itu akan melayang begitu saja. Namun tidak dengan saya. Pertama beli memang rada ragu. Apalagi uang sebesar itu nanti akan hilang dalam waktu sekejab BUT saya tanya tanya terus pada owner OS yang mau saya beli. Dan dia sampai menelfon saya lho. Dia menjelaskan juga. 

Jadi cara kerja di tokopedia itu sangat mudah yaitu
1. Kita pilih barang - barang mana saja yang ingin kita beli. Klik add to chart ya dan isi kolom yang ditampilkan seperti nama dan alamat nanti akan tertera harga ongkos kirim ke alamat kita dan udah dihitung /KG jadi praktis kan ^^
2. Setelah semua yang ingin dibeli sudah terkumpul, masuk pada keranjang ya nanti ada daftar belanjaanmu semua. Teliti satu satu ya. Setelah semuanya benar klik pembayaran ^^ nanti kamu bakal dikasih No. Rek tokopedia. Dengan ini maka dapat artikan bahwa tokopedia itu juga sebagai rekber (rekening bersama) Lebih aman kan :)
3. Lakuka pembayaran. Jika sudah konfirmasi pembayaran ke tokopedia dengan nominal yang anda kirim 
4. Kasih tau OS anda jika ada sudah transfer uang. Tunggu beberapa saat ( Max BCA 1x24jam Mandiri 2x24jam dll) nanti jika pembayaran kamu ke tokopedia veryfikasi maka pihak tokopedia akan mengirimkan invois pada owner OS memberitahuka bahwa uang kita sudah diterima pihak tokopedia
5. Pihak owner akan mengirim barang (kosmetiku) ke alamat rumah yang dituju (rumahku) yah melalui kurir (kurir yang digunakan tokopedia adalah JNE) 
6. Setelah barang sudah diterima, langsung konfirmasi ke tokopedia bahwa barang anda sudah sampai dan uang transferan kita akan dikirim ke rek owner OS

Yaps sangat aman dan nyaman. Juga sangat mudah untuk diakses yah
Tapi kelemahan dari tokopedia harus melalui proses yang sangat panjang jadi kita harus bersabar.
Waktu aku order kosmetik tsb, memerlukan waktu sekitar 4hari (sby-blitar) barang baru sampai ditangan karena menunggu konfirmasi dari tokopedianya ^^ Tapi dengan keamanan berbelanja di tokopedia seperti ini membuat customer dan yang punya hobby belanja online gak perlu ribet lagi deh dan yang penting AMAN

Namun tetap berhati hati ya guys. Kata tokopedia "jangan konfirmasi barang sampai jika barang memang belum sampai, soalnya banyak olshop tipu2 yang mau menipu" hehehe

Dan alhamdulillah, semua orderan saya selamat sampai tujuan dan belum pernah sekali pun tertipu dan jangan sampai tertipu hehe :) Yah meskipun aku masih berstatus pelajar tapi hobby belanjaku ini gak bisa terbendung. Mending gak jajan deh daripada gak belanja ^^ apalagi buat beli sesuatu yang aku sukaaa banget salah satunya segala sesuatu yang berbau Hello Kitty.
FYI aku masih dalam proses order bangs pony clip lho :D aku order dari salah satu OS di instagram ^^ semoga barangnya bagus dan juga sampai dirumahku dengan selamat. AMIN ^^




4 komentar:

  1. uelkannya 3eh hp motorolanya masih ada? :P

    Terima Kasih Roro sudah berpartisipasi dalam Arr Rian's Giveaway!

    Yes! terdaftar sebagai peserta. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah masih ada mas riann ^^
      hihihihii oke sama sama mas semoga keberuntungan berpihak padaku kali ini YES :)
      Salam kenal ya ^^

      Hapus
  2. Wwah.. belanja kosmetik sampai sebanyak itu :D

    Terima kasih sudah ikutan Arr Rian's giveaway

    BalasHapus
  3. Kak kakaakin
    Iya kan beli banyak hehe
    makasih kak ^^ sukses selalu yaaa...

    BalasHapus